Jika dibandingkan antara mobil keluarga dengan harga dibawah 200
jutaan. Kedua mobil ini memang paling identik baik dari dimensi, mesin
dan interior. Apalagi keduanya merupakan mobil baru yang sama-sama
bermain sebagai Avanza-Xenia killer ini. Namun diantara kedua mobil ini,
manakah yang paling cocok untuk mengisi garasi rumah anda? Mari kita
simak.
Desain
Meskipun memiliki ukuran desain yang 11-12. Keduanya memiliki garis
desain yang berbeda. Suzuki Ertiga mengusung garis desain yang sporty
dan dinamis, sedangkan Chevrolet memiliki desain yang lebih kalem namun
mengisyaratkan bahwa mobil ini cukup elegan dilihat dari berbagai sudut.
Suzuki Ertiga menggunakan basis yang sama dengan Suzuki Swift baik
dari eksterior, interior bahkan mesin dan sasis sekalipun. Sehingga
tidak lebih dari sebuah Suzuki Swift dipanjangkan. Namun Ertiga memiliki
atap yang lebih tinggi, buntut panjang dan desain fascia depan yang
tampil lebih dewasa dibandingkan dengan Suzuki Swift. Yang dirasa kurang
sreg dari Suzuki Ertiga ini ada desain eksterior belakang yang terlihat
bongsor dan tidak sporty.
Ketika melihat model Chevrolet Spin, kita akan menemukan mobil yang
berdesain kalem, tidak terlalu neko-neko. Namun mobil ini masih
mengusung warisan Chevrolet yang selalu menggunakan desain grille belah
dengan sebuah logo keemasan Chevrolet. Bentuk belakangnya terlihat
manis, bahkan lebih manis dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Namun jika
dilihat-lihat lagi, sepertinya model mobil ini akan terasa membosankan
beberapa tahun ke depan.
Interior
Suzuki Ertiga bisa dibilang memiliki bentuk interior paling mewah
diantara mobil-mobil sekelasnya. Karena mobil ini memiliki basis yang
sama dengan desain interior Suzuki Swift Dzire yang merupakan versi
sedan dari Suzuki Swift di India. Desain tombol-tombol mulai dari tombol
audio hingga lampu hazard diletakan begitu rapi di mobil ini. Namun
untuk anda yang menginginkan sistem audio yang lebih baik, anda harus
mencari dudukan khusus untuk mengganti head unit bawaan Ertiga ini atau
mencari head unit lansiran negeri china untuk mengganti head unit yang
sudah didesain untuk mengganti head unit Suzuki Ertiga. Sisanya, desain
dashboard mobil ini sangat wow dan mewah!
Masuk ke dalam Chevrolet Spin rasanya berbeda dengan Ertiga. Mobil
ini menggunakan warna interior dengan warna hitam yang berpadu dengan
abu-abu cerah tanpa aksen chrome atau silver seperti Toyota Avanza
Veloz. Chevrolet Spin ini sepertinya masih bermain aman dengan
menggunakan desain interior yang kalem. Namun ketika melihat
speedometer, pandangan kita akan berubah dari sebuah mobil keluarga
menjadi sebuah mobil sport. Speedometer Chevrolet Spin menggunakan
desain speedometer digital dengan aksen biru seperti Chevrolet Camaro
yang digunakan dalam film Transformer. Untuk sistem audio, tidak ada
yang spesial, bahkan bentuknya seperti head unit mobil lawas.
Akomodasi
Disini keduanya 11-12. Baik Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin memiliki
kabin yang kurang luas untuk sebuah mobil 7 penumpang. Suzuki ertiga
memiliki panjang 4265 mm, lebar 1480 mm dan tinggi 1685 mm. Sedangkan
Chevrolet memiliki panjang 4361 mm lebar 1735 mm dan tinggi 1664 mm.
Secara dimensi teknis Chevrolet Spin lebih besar dibandingkan dengan
Suzuki Ertiga. Pada kenyataannya memang begitu. Meskipun Suzuki Ertiga
memiliki Wheel base lebih panjang 130 mm, ruang kaki Chevrolet Spin
terasa lebih lega. Begitupula pada bangku tengah mobil yang terasa lebih
lebar. Suzuki Ertiga dapat dimaklumi memiliki lebar yang kurang besar
karena harus berbagi platform dengan Suzuki Swift.
Pada bangku baris ketiga, keduanya cukup sempit. Untuk anda yang
memiliki tinggi diatas 170 cm tentunya akan terasa kurang nyaman
lantaran head room dan legroom yang mentok sana-sini. Terutama bagi
penumpang belakang Suzuki Ertiga kepala anda pasti akan beradu dengan
atap mobil, Sedangkan untuk anda yang memilih Chevrolet Spin, potensi
untuk kepala beradu dengan atap masih ada walaupun tidak separah Suzuki
Ertiga.
Untuk anda yang suka membawa barang bawaan tentunya anda akan
tersenyum lebar melihat ruang bagasi Chevrolet Spin yang mampu menampung
barang bawaan anda hingga 2 kali lipat bagasi yang dimiliki Suzuki
Ertiga. Perbedaannya, Chevrolet Spin tidak memilik dek penyimpanan
seperti Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina. Kelemahan dari Chevrolet
Spin ini tidak memiliki mekanisme bangku yang dapat dilipat rata lantai
seperti Suzuki Ertiga.
Performa
Belum dilakukan uji coba yang nyata terhadap Chevrolet Spin. Namun
untuk Ertiga kita tidak perlu ragu lagi dengan akselerasi mobil ini.
Mesin 1.400 cc 4 silinder dengan transmisi manual 5 percepatan ini mampu
mencatat rekor akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam tempo 10,62
detik saja! Luar biasa bukan? padahal mobil ini memiliki bobot seberat
1.180 Kg. Hasil pengetesan tersebut dilakukan oleh Autobild Indonesia.
Spesifikasi resmi dari Suzuki, mobil ini memiliki tenaga mesin 95 Ps dan
torsi 130 Nm.
Bagaimana dengan Chevrolet Spin? Masih belum ada tes yang nyata
terhadap mobil ini, namun membaca data spesifikasi, Chevrolet dibekali
dengan 2 pilihan mesin, mesin pertama ialah mesin diesel berkapasitas
1.200 cc 4 silinder turbocharger yang mampu mengeluarkan tenaga hingga
75 Ps dan torsi 190 Nm. Pada mesin diesel memang horsepower lebih kecil
dibandingkan dengan mesin bensin, tetapi perhatikan torsinya yang lebih
besar 60 Nm dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Untuk versi tertingginya,
Chevrolet Spin dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc yang
memiliki tenaga hingga 109 Ps.
Secara diatas kertas memang Chevrolet Spin memiliki tenaga lebih dan
pilihan mesin lebih irit dengan model diesel. Tetapi secara data
pengetesan agak sulit untuk mengalahkan Suzuki Ertiga yang mampuu
berlari dari berhenti ke 100 km/jam hanya dalam 10,6 detik. Namun yang
menjadi keunggulan dari Chevrolet Spin, mobil ini memiliki transmisi
otomatis 6 percepatan. Sedangkan Suzuki Ertiga hanya memiliki varian
manual saja, dan jika diluncurkan versi automatic, pasti Suzuki akan
menggunakan transmisi matic 4 percepatan seperti yang digunakan oleh
Suzuki Swift Dzire di India.
Kenyamanan
Tentu untuk pengemudi Chevrolet Spin jauh lebih nyaman karena
dilengkapi dengan transmisi automatic. Namun dari segi suspensi, mobil
ini 11-12 kenyamanannya. Peredaman suara juga mirip-mirip sebagaimana
mobil low entry family car yang memiliki banyak penghematan di berbagai
faktor.
Catatan penting ada pada AC kedua mobil ini. Dulu memang Suzuki tidak
membekali Ertiga dengan AC double blower, namun kini untuk varian GX
dan GL sudah diberikan AC double blower yang terletak di belakang bangku
pengemudi dan penumpang depan. Untuk Chevrolet Spin lebih keren karena
menggunakan AC double blower yang tertata rapi di dalam plafon hingga ke
penumpang paling belakang seperti layaknya mobil mewah.
Kesimpulan
Untuk anda yang menginginkan mobil keluarga yang berpenampilan
menarik, interior mewah dan berperforma kencang, tentunya Suzuki Ertiga
patut menjadi pilihan utama anda, apalagi mobil ini memiliki banyak
dealer dan service resmi di seluruh Indonesia yang memudahkan anda
ketika berpergian keluar kota.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar